1. memasuki mobil dalam keadaan datar.

Masuklah ke dalam mobil yang berada di posisi datar, kemudian gunakan lah sabuk pengaman agar lebih aman dalam perjalanan. Sabuk pengaman juga memiliki fungsi untuk anda yaitu dengan menggukan sabuk pengaman dan membuka kaca samping untuk mendengarkan suara mesin mobil anda dengan jelas dan anda bisa memperkirakan kapan anda akan memulai memasukkan gigi.

2. Mengatur poisis tempat duduk.

Jika anda ingin memulai untuk mengendarai mobil maka ambillah posisi duduk yang bisa membuat anda nyaman dalam perjalanan. Karena tempat duduk juga sangat mempengaruhi kaki anda dalam injakan rem, gas, dan kopling. Dalam mengaplikasikan pedal yang berada di kaki kanan, kaki kiri dan tengah, anda harus benar – benar bisa menginjak sepenuhnya agar perjalanan anda bisa selamat.

3. Mengenali semua pedal.

Mengetahui cara dan fungsi pedal yang ada di dalam mobil, pedal yang berada disebelah kiri atau kaki kiri adalah pedal untuk kopling, pedal yang berada di tengah adalah pedal yang berfungsi untuk rem, dan pedal yang berada di kanan adalah pedal untuk rem.

4. Menguasai kopling.

 Kopling adalah salah satu alat yang berfungsi untuk memutuskan putaran mesin dan putaran roda yang masih berhubungan, selain itu juga berfungsi untuk mengubah gigi atau menambah dan mengurangi gigi yang akan anda gunakan tanpa merusak roda gigi yang berada di masing – masing gigi transmisi. Perlu di ingat kembali jika anda ingin mengurangi atau menambah gigi maka anda tidak boleh lupa untuk menginjak pedal kopling.

5. Tuas transmisi diposisi netral.

Tuas untuk menambah atau mengurangi gigi. Sebelum mobil di hidupkan maka pastikan bahwa tuas masih dalam posisi netral (N). Untuk menambah gigi pastikan pedal kopling sudah terinjak penuh. Berhati – hatilah jika anda ingin memindah tuas transmisi.

6. Menghidupkan mesin.

Hidupkan mesin mobil dengan cara di stater pada kunci kontak dan dengan menginjak pedal kopling secara penuh. Apabila mesin sudah menyala barulah anda melepas pedal kopling dan tuas transmisi masih berada di posisi netral (N).

7. Menginjak kopling dengan penuh.

Injak kopling dengan penuh dan tahan lah, ini adalah salah satu hal baik yang harus anda ingat untuk memperhatikan bagaimana jarak antara ayunan pedal kopling dan pedal rem atau pedal gas.

8. Menjalankan mobil.

Jika anda ingin menjalankan mobil maka pelan – pelan angkat kaki anda yang berada di posisi kopling hingga putaran mesin menurun lalu injak pedal gas dengan perlahan.