Toyota Agya Laris Di luar Negeri!

0
702

Salah satu mobil yang tergolong ke dalam LCGC, Toyota Agya yang diproduksi oleh PT. Astra Daihatsu Motor, Benar benar menjadi ekspor utama unggulan. Untuk ekspor sendiri, nama mobil ini bukan Toyota Agya, melainkan Toyota Wigo dikarenakan lebih memiliki aksen global dalam penyebutannya.

Menurut informasi dari gaikindo, Toyota Agya telah diekspor ke beberapa negara di benua Amerika, antara lain Guyana, Bermuda, Puerto Rico, Bolivia, Panama, Nikaragua, Srilanka, Kosta Rika, Peru, Aruba, Republik Dominika, Haiti dan beberapa negara tetangga meliputi Brunei, Vietnam dan Filipina

Tercatat bahwa mobil satu ini telah mencapai angka ekspor yang cukup fantastis, yaitu 3.310 unit pada bulan Agustus lalu. Angka ini meningkat dari bulan sebelumnya yang hanya terjual 2.931 unit, hanya selisih 199 unit.

Untuk penjualan di Vietnam sendiri, angka ekspor meningkat dari 400 unit di bulan juli menjadi 940 unit di bulan Agustus. Tapi tetap saja, jumlah ekspor terbanyak masih dipegang oleh Filipina, yakni seanyak 17.493 unit dari nulan Januari hingga agustus di tahun ini.

Secara keseluruhan, Astra Daihatsu Motor telah mengekspor hingga 70.983 unit dengan macam-macam produknya sperti avanza, yaris, rush dan lain-lain. Di bulan Agustus 2018 sendiri telah tercatat 11.345 unit ekspor dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 11.130 unit, peningkatan yang lumayan.

Namun untuk model lainnya seperti Fortuner, Innova, Sienta dan Vios mengalami penurunan dari bulan Juli yang tadinya mencapai 10.368 unit, kini di bulan Agustus hanya mencapai 7.424 unit saja. Total ekspor dari bulan Januari lali Hingga Agustus mencapai 62.581 unit.