Cara Melakukan Perawatan pada Mobil Listrik

Berikut adalah artikel Cara Melakukan Perawatan pada Mobil Listrik, Penting buat anda yang menggemari mobil listrik. Karna bukan hanya bisa merawat body nya saja, kita juga harus bsia merawat mesin dan lain lain. Seiring dengan perkembangannya dunia teknologi dan informasi, secara otomatis kita sebagai orang biasapun akan terkena dampaknya baik itu positif maupun negatifnya untuk mengikuti trend teknologi. dan dalam banyak bidang yang berkembang salah satunya ada di bidang otomotif, dimana dalam perjalannya otomotif telah berkembang dengan cepat dimana setiap fitur-fitur kendaraan menjadi lebih canggih dan canggih lagi.

Selain fitur – fiturnya yang berkembang dengan pesat kita juga dapat melihat perkembangan dan berbagai inovasi pada mobil tersebut. Seperti hal kendaraan idaman yang mengurangi dampak polusi udara dan adanya perbaikan lingkungan sekitar dengan mengambil konsep “go green”, sehingga terciptalah mobil listrik yang di buat oleh perusahaan ternama.

Dimana seperti yang telah kita tau mobil listrik merupakan mobil yang digerakan dengan energi listrik, yang tentunya menggunakan baterai yang berguna untuk menyimpan daya listrik di dalamnya. disebut “go green” karena mobil ini tidak akan menciptakan gas emisi seperti halnya mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak, sehingga mobil ini jauh dari kata polusi.

oleh karenanya mobil ini di gadang-gadang bisa menjadi solusi jitu pada saat di masa depan nanti untuk mengurangi polusi udara, sehingga mobil ini mendapatkan banyak sambutan dari berbagai instansi dan masyarakat.

Tapi tetap dalam hal perawatan mobil ini juga tidak boleh ditelantarkan, yakni kita juga harus melakukan pengecekan secara berkala agar peforma mobil tetap bisa terjaga. berikut kami akan memberikan informasi cara perawatan mobil listrik yang sekarang ini tidak banyak masyarakat yang tau.

1.Lakukan Perawatan Fisik

Perawatan yang pertama yang harus diperhatikan adalah dengan mengecek bagian fisik pada mobil listrik seperti bagian komponen kaki-kaki mobil dan setir yang memang membutuhkan perhatian yang lebih. karena berbeda dari mobil konvesional pada umumnya yang memerhatikan perawatan fisik dan teknisnya juga.

Maka mobil listrik hanya memerlukan pengecekan pada bagian luarnya/fisiknya saja karena dalam hal teknis/sistem mobil ini telah menggunakan sofware otomatis yang berguna untuk mengawasi setiap keadaan teknis yang dialami mobil sehingga ketika ada suatu masalah pada teknis maka sofware pada mobil tersebut memberikan sinyal berupa bunyi yang berguna untuk memberikan informasi apa yang rusak dan harus diganti.

2.Lakukan Pengecekan Software (perangkat lunak)

Software yang terdapat dalam mobil listrik ini merupakan sebuah sistem yang terhubung pada setiap perangkat yang terdapat pada mobil listrik, sehingga sistem tersebut bisa mendeteksi kerusakan apa yang sedang terjadi pada mobil listrik anda dengan mengirimkan beberapa sinyal. sehingga komponen yang satu ini merupakan suatu hal yang sangat penting dalam membaca tiap proses yang dialami mobil listrik. dan karenanya kita sebagai pengguna harus merawat software ini secara berkala agar jika terjadi suatu kerusakan pada suatu komponen mobil, kita akan bisa langsung memperbaiki bagian tersebut.

3.Lakukan Pengecekan Terhadap Baterai

seperti yang telah kita ketahui mobil listrik tentunya sangat bergantung pada komponen yang bernama baterai yang merupakan sumber utama energi pada mobil agar mobil tersebut bisa berjalan dengan semestinya. dan jika batera mengalami kerusakan maka secara otomatis seluruh bagian mobil pun tidak akan berjalan, oleh karenanya kita harus melakukan berbagai pengecekan secara berkala pada mobil ini.

selain perawatan kita juga harus memerhatikan proses pengisian dengan semestinya, dimana ketika mobil menunjukan indikator baterai lemah maka segeralah melakukan pengisian daya listrik pada baterai dan jangan biarkan baterai habis total terlebih dahulu baru di isi ulang. karena dapat merusak dan memperpendek umur baterai sehingga waktu pengisian harus sesuai dengan durasi yang telah ditetapkan oleh produsen mobil listrik tersebut, karena bila sebelum baterai penuh dan kita langsung mencabut aliran listriknya juga dapat memperpendek usia baterai itu sendiri.

4.Lakukan Pengecekan Charger Baterai

komponen ini tidak boleh terlepas dalam perhatian kita karena dalam hubungannya, baterai dengan charger tentunya tidak akan bisa terlepas dan dipisahkan. jadi lakukanlah pemerikasaan secara berkala pada bagian ini, seperti jika kabel terputus dan terkoyak oleh gitan tikus maka cepatlah diperbaiki/diganti. hal ini sangatlah penting bagi mereka yang mempunyai pengisian daya pribadi

5.Rutin Melakukan Service

Hal yang terakhir yang dapat kita lakukan adalah dengan membawa mobil listrik ke bengkel resmi. lakukanlah pemeriksaan secara rutin disana untuk mengecek bagian mobil yang kurang sempurna dan juga lakukan pengecekan baterai dilakukan dengan alat khusus yang modern. sehingga baterai tetap dalam keadaan yang stabil dan berumur panjang.

tetap yang paling aman dari semua tisp yang saya berikan adalah kita membawa mobil tersebut kebengkel resmi karena disana memang sudah terdapat alat-alat khusus yang modern sehingga dalam pengecekan atau apapun itu akan lebih mudah dibandingkan melakukan pengecekan dan servis sendiri di rumah.

Semoga bermanfaat artikel Cara Melakukan Perawatan pada Mobil Listrik untuk kita semua..