Tak Lagi Pakai Kaca, Lexus Perkenalkan Teknologi Spion Digital

0
348

Baru-baru ini, produsen otomotif asal jepang meluncurkan konsep city car terbarunya, Lexus New ES Saloon. Tidak hanya itu, mereka juga menerapkan sebuah inovasi baru yakni Digital Outer Mirrors.

Rencananya, Lexus akan memproduksi city car tersebut secara massal, dimana konsep city car tersebut tidak lagi menggunakan kaca pada spionnya, melainkan diganti dengan sebuah teknologi baru yaitu kamera dan layar di bagian dalam mobil.

Digital Outer MirrorsJika melirik saingannya, Audi belum merilis teknologi tersebut, sedangkan Volkswagen hanya menerapkan pada salah satu tipenya, yaitu VW XL1 dan diberikan secara terbatas, yakni sekitar 250 unit saja. Dengan penerapan teknologi ini, Lexus ingin memberikan kesan modern pada konsep terbarunya, dimana spion nantinya akan terlihat lebih ramping dan tidak memakan tempat.

Untuk prinsip kerjanya, kamera yang menangkap gambar akan ditampilkan secara langsung di layar monitor kecil yang terletak di kedua sisi terluar dashboard. Dapat dikatakan bahwa teknologi ini sangat bermanfaat untuk menambah kemudahan dalam berkendara seperti meningkatkan visibilitas pengemudi terutama dalam cuaca yang tak menentu.

Lebih canggihnya lagi, jika kita menghidupkan lampu sein, maka kamera spion tersebut akan langsung menyesuaikan. Jadi, jika seumpama kita menghidupkan sein kiri, maka secara otomatis layar monitor akan memperluas tampilan kamera dari bagian sein kiri. Tak hanya itu, katanya kita bisa mengatur arah kamera secara manual, wow! Memang teknologi ini sangat berguna untuk melihat jalan supaya lebih jelas.

Rencananya, konsep terbaru lexus dengan teknologi ini akan dipasarkan di jepang pada akhir oktober nanti, bagaimana menurutmu?