3 Tips Mencuci Mobil Listrik

Mencuci mobil secara rutin merupakan salah satu perawatan yang biasanya dilakukan agar tampilan mobil menjadi keren seperti baru. Ternyata bukan hanya tampilan luarnya saja yang menjadi kinclong, tapi mencuci mobil juga bisa mempengaruhi performa mesin karena biasanya kotoran seperti debu, lumpur dan bahkan kerikil bila telah masuk pada bagian mesin mobil dan menumpuk, maka akan mengakibatkan performa mesin menjadi turun dan terganggu.

Pada saat ini mobil telah banyak berkembang hingga sekarang yang hanya menggunakan energi listrik dalam pelaksanaanya dan mobil listrik pun diklaim ramah lingkungan karena tidak menghasilkan gas emisi buangan yang biasanya terdapat pada mobil konvensional.

Mobil ini menggunakan energi listrik maka banyak diantara argumen masyarakat tentang masalah mobil ini, salah satunya adalah persoalan ketika mobil listrik terkena air maka akan merusak berbagai fitur mobil tersebut tapi sekarang hal tersebut tidak usah terlalu dikhawatirkan karena mobil listrik sekarang ini sudah menerapkan sistem tahan air sehingga akan aman untuk dicuci ataupun menerobos derasnya hujan.

Ketika mencuci pun kita juga harus memerhatikan beberapa poin yang penting agar tidak terjadinya kerusakan yang parah pada mobil listrik.

Berikut kami akan paparkan cara mencuci mobil listrik yang benar:

1.Lakukan Persiapan Terlebih Dahulu

Sebagai pemilik mobil listrik kita harus mengerti betul bagian mana saja yang terdapat komponen listrik yang sangat rentan ketika terkena air, seperti contoh kabel sambungan, pin sambungan, dan juga bagian ECU sehingga hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mengamankan komponen tersebut dengan dibalut plastik atau pun lakban sehingga tidak terkena air ketika melakukan proses pencucian.

2.Perhatikan Kawasan Engine Bay

Mencuci mobil listrik pada dasarnya sama seperti mencuci mobil pada umumnya, tapi tetap ada hal yang harus diperhatikan yakni bagian engine bay dimana terdapat beberapa komponen-komponen elektrikal seperti converter dan inventer, dinamo, ECU ,jalur kabel, dan lainnya yang biasanya rawan terhadap air, dimana dengan teknologi sekarang ini bagian itu telah dilapisi dengan seal waterproof. tapi kita juga masih dituntut untuk selalu berhati-hati ketika mencuci, jangan sampai menyemprot area engine bay karena bila kita tetap mencuci komponen tersebut secara berkala maka seal waterproof pun juga akan rusak dan menyebabkan terciptanya embun di komponen elektrikal yang dapat menggangu mesin.

3.Hindari Pencucian Mobil Ketika Mesin Masih Dalam Keadaan Panas

Seperti yang kita ketahui ketika mobil konvensional pada umumnya habis digunakan maka sudah pasti panas, terutama pada bagian mesin dan knalpot dan jika mobil tersebut langsung dicuci maka akan menyebabkan beberapa masalah, seperti halnya orang yang sehabis berolahraga suhu tubuh dan detak jantungnya cepat kemudian langsung meminum air es atau bahkan mandi, maka diprediksi keesokan harinya ia akan merasa meriang, radang bahkan beresiko terkena serangan jantung.

Sama halnya dengan mobil listrik yang langsung diguyur air ketika keadaan mesin masih panas, dan hal tersebut tetap dilakukan berulang-ulang maka dapat menyebabkan dampak yang buruk pada kondisi mobil listrik tersebut khusunya pada blok mesin dan baterai akan mengalami pengkaratan dan seperti yang telah kita ketahui komponen apapun yang berbahan dasar logam bisa cepat merenggang dan rusak bahkan mengalami keretakan sehingga untuk yang lebih baiknya untuk mobil tetap dalam keadaan prima kita maka biarkan dulu mesin mobil tersebut dingin selama minimal 15-30 menit yang kemudian langsung dicuci.

Mungkin Sekian Artikel 3 Tips Mencuci Mobil Listrik Semoga bermanfaat buat menjaga perawatan mobil listrik Anda.