Bagi siapa saja yang mempunyai kendaraan termasuk mobil pasti ingin sekali agar bahan bakar yang digunakan bisa hemat sehingga dapat mengurangi pengeluaran yang dibutuhkan untuk keperluan pribadi maupun keluarga nantinya. Berikut akan dibahas bagaimana cara untuk menghemat bahan bakar pada kendaraan mobil anda.

  1. Penguapan pada bahan bakar

Salah satu penyebab bahan bakar cepat habis atau boros adalah terjadinya penguapan pada bahan bakar. Ini sering terjadi pada pengemudi mobil pengemudi mobil yang tengah mengisi bahan bakar di SPBU atau lainnya, pada saat mengisi bahan bakar perhatikanlah suhu udara di sekitar, suhu yang panas akan mudah terjadinya penguapan pada bahan bakar. Maka hindari pengisian bahan bakar pada kondisi siang hari. Isilah bahan bakar pada pagi hari atau ketika sedang hujan dan jangan lupa untuk menutup rapat tangki bahan bakar agar tidak terjadinya penguapan.

  1. Bobot bawaan

Bobot bawaan juga merupakan salah satu penyebab keborosan pada bahan bakar, usahakanlah membawa barang bawaan yang tidak terlalu berat karena jika anda membawa barang bawaan yang berat maka akan memaksa mesin bekerja 2 kali untuk melaju apalagi pada saat tanjakan, itu sangat menguras bahan bakar. Termasuk kondisi ban juga harus diperhatikan, jika ban dalam keadaan kempes atau kurang angin maka laju kendaraan pun akan terasa berat.

  1. Penegndalian/pengoperasian mobil

Keborosan bahan bakar pada mobil juga bisa jadi tergantung dengan kita sebagai pengemudi bagaimana cara mengemudikan atau mengoperasikan mobil. jika kita pintar dalam mengemudikan atau mengoperasikan mobil maka keborosan pada bahan bakarpun akan terkurangi. Hindarilah menginjak gas secara terus menerus, manfaatkanlah laju kendaraan akibat gas tadi dan jika mobil sudah mulai melambat maka injaklah gas sesekali untuk menambah kecepatannya dan lakukan it secara terus menerus. Selain itu penggunaan gigi yang tidak sesuai juga bisa memicu keborosan pada bahan bakar, jangan trlalu memaksakan gigi, jika sudah waktunya ganti gigi ya harap untuk diganti dan janganlah memaksakan mesin hingga lebih dari 3000 rpm.

  1. Perawatan filter udara

Untuk menghemat bahan bakar pada mobil salah satunya adalah melakukan perawatan pada filter mobil. jika filter udara sudah kotor maka bersihkanlah. Komponen ini sangat mempengaruhi irit tidaknya bensin. Proses pembakaran menggunakan udara dari luar mobil. Udara yang membawa debu dan kotoran ini disaring oleh filter udara. Jika filter udara kotor, maka jumlah udara yang masuk akan berkurang yang berarti pasokan udara pun akan berkurang. Hal ini akan mengakibatkan mobil kurang bertenaga yang mengharuskan anda untuk menginjak pedal gas secara berlebih. Jika anda menginjak pedal gas secara berlebihan maka akan mempengaruhi bahan bakar.

Mungkin hanya sekian salah satu penyebab borosnya bahan bakar dan sedikit cara untuk mengatasinya, semoga dapat menambah pengetahuan anda, terimakasih.