Salah satu faktor kemanan dan kenyamanan dalam berkendara adalah kinerja sistem pengereman yang baik. Apabila rem yang terdapat pada mobil sudah tidak dapat digunakan dengan baik alias blong, maka hal tersebut dapat membahayakan pengendarqa dan bisa berakibat fatal.

Masalah yang sering timbul dalam komponen rem terdapat pada bagian piringan, seperti bergelombang, kasar, dan tidak rata. Nah, untuk mengurangi dampak tersebut, berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga piringan rem agar tetap awet.

Bersihkan Rem Setiap Menempuh Jarak 4000km

Bagi anda yang sering mengendarai mobil setiap harinya, secara ideal sebaiknya anda membersihkan komponen rem setiap kali mobil anda menempuh jarak sejauh 4000KM. Pasalnya, piringan rem yang kotor akibat debu, kerikil, atau sisa pengikisan kampas rem dapat menyebabkan luas permukaan antara piringan dengan kampas yang saling bersentuhan menjadi semakin berkurang. Akibatnya, jika dilakukan pengereman, akan terasa licin atau kurang maksimal. Kemungkinannya, hal tersebut  dapat merusak cakram. Oleh karena itu, membersihkan rem adalah hal yang cukup penting.

Ganti Kampas Rem

Jika minyak rem terlihat sudah menipis, sebaiknya anda menggantinya dengan yang baru. Biasanya penggantian kampas rem dilakukan setiap kali jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 15 ribu km. selain itu, jika terdengar bunyi gesekan yang tidak wajar antara kampas dengan cakram, segeralah menggantinya karena itu dapat menyebabkan piringan menjadi bergelombang, kasar dan tidak rata. Maka dari itu, cukup penting mengontrol ketinggian minyak rem.

Hindari Melakukan Penggantian Kampas Secara Bersamaan

Ini juga termasuk salah satu hal yang harus diperhatikan. Hal ini tentu sangat bermanfaat jika kondisi cakram sudah bergelombang. Disarankan untuk melakukan penggantian kampas dengan mendahulukan bagian depan kemudian bagian belakang, begitupun sebaliknya. Jangan mengganti keempat kampas secara bersamaan. Lakukan dengan jeda waktu satu minggu. Karena bentuk kampas lambat laun akan menyesuaikan bentuk cakram yang sudah bergelombang.

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba, semoga bermanfaat bagi anda!