Bagi kita yang sering melakukan pekerjaan secara terus menerus bahkan jarang untuk istirahat tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan karena system ketahanan tubuh akan berkurang akibatnya tubuh kita jadi lemas dan mudah mengantuk salah satunya. Ini akan menjadi kendala bagi kita yang jarak dari rumah ke tempat kerja yang jauh sehingga ketika kita sedang berkendara akan mengalami ngantuk. Nah tentunya jika kita mengantuk ketika sedang mengendarai mobil akan sangat berbahaya dan bisa terjadinya kecelakaan.

Namun seiring berjalannya waktu maka teknologi juga akan semakin berkembang, kita hidup dizaman modern maka harus mengikuti arus perkembangan teknologi supaya tidak tertinggal (jadul). Termasuk teknologi pada mobil, seiring berjalannya waktu maka teknologi pada mobil juga akan semakin berkembang canggih.

Salah satu teknologi yang akan dikenalkan pada tahun 2018 ini adalah Departed Driver Rescue & Exit Maneuver (DDREM) dikembangkan oleh Hyundai Mobis yang berfungsi sebagai pendeteksi supir ngantuk. Tentunya teknologi ini sangat membantu salah satunya untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Cara kerja teknologi DDREM ini adalah dengan menepi secara otomatis ketika supir sedang dalam keadaan mengantuk. Teknologi ini menggunakan kamera inframerah yang bekerja untuk mendeteksi pergerakan wajah dan mata untuk mengetahui apakah sang pengendara fokus mengahadap kedepan atau mendeteksi pergerakan mata berkedip atau yang lainnya maka teknologi ini akan bekerja.

Tidak hanya bekerja untuk mendeteksi pergerakan wajah dan mata namun teknologi ini juga mendeteksi pergerakan mobil apakah sang pengendara masih mengendarakan mobilnya secara wajar atau tidak (belok belok tak karuan) seperti halnya mengemudi ketika mengantuk. Nah jika DDREM sudah mendeteksi adanya ke ngantukan bahkan sampai tertidur pada sang pengendara maka system ini akan langsung bekerja dengan bantuan system lain seperti GPS, kamera serta radar dan pengereman secara otomatis. Dengan semua system tersebut maka DDREM akan mengambil alih kendali mobil dan akan berhenti ditempat yang aman.

Mungkin cukup sekian tentang informasi teknologi DDREM, semoga bermanfaat, terimakasih.