Rem pada suatu kendaraan merupakan bagian yang sangat vital dan penting, oleh karena itu perawatan dan pemeliharaan rem sangat penting untuk dilakukan supaya tercegah atau terhindar dari sesuatu yang tidak di inginkan seperti kecelakaan yang disebabkan oleh rem yang blong, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati, iya gak sob?.

Namun jika semisal sudah terlanjur blong pada saat berkendara apa yang harus dilakukan? Apakah harus pasrah? Tentu tidak, sebagai manusia kita harus berfikir dan berusaha agar kecelakaan tidak terjadi atau minimal dapat mengurangi dampak yang akan ditimbulkan akibat rem blong.

Langkah pertama adalah jangan panik, sikap ini sangat penting untuk dilakukan karena dengan tenang kita dapat berfikir secara jernih dan dapat mengatasi hal hal apa sajakah yang harus dilakukan. Tetapi salahnya orang ketika mengalami rem blong mereka malah panik dan akibatnya mereka tidak bisa berfikir jernih dan tidak melakukan apa apa dan hanya bisa pasrah.

Langkah selanjutnya adalah turunkan gigi kendaraan anda misalnya dari gigi yang tertinggi menjadi gigi satu karena penurunan gigi juga sangat berfungsi untuk membantu pengereman dan dapat memperlambat laju kendaraan.

Langkah selanjutnya adalah mengarahkan  kendaraa anda ke jalur yang aman. Contohnya jika lajur kiri lebih banyak kendaraan atau lebih padat kendaraan maka lebih baik memilih lajur yang kiri bgitupun sebaliknya.

Langkah selanjutnya adalah kita harus memberikan pertanda atau peringatan kepada kendaraan sekitar atau orang yang ada disekitar kita dengan cara entah membunyikan klakson, menyalahkan dan mematikan lampu secara cepat atau mengubah mode lampu jauh dan dekat secara cepat agar orang lain mengerti bahwa kita dalam kondisi yang sedang darurat.

Langkah selanjutnya adalah coba injak pedal rem seperti sedang memompa secara terus menerus, karena biasanya rem blong itu hanya bersifat sementara saja.

Langkah terakhir jika sangat terpaksa ingin menabrak dikarenakan kendaraan tak kunjung berhenti sementara posisi kendaraan sudah sangat mepet maka hal yang perlu dilakukan adalah memilih tempat penabrakan yang strategis, strategis disini diartikan jauh dengan manusia dan memilih tempat penabrakan yang agak lunak.

Mungkin hanya sekian tips cara mengatasi rem blong pada kendaraan, semoga dapat menambah pengetahuan anda, terimakasih.