Lebih Baik Aki Kering atau Aki Basah?
source: google images

Lebih Baik Aki Kering atau Aki Basah? . Aki merupakan komponen terpenting yang tidak dapat dipisahkan dari mobil. karena aki adalah penyuplai energilistrik dalam sebuah mobil. sehingga, jika mobil tidak memiliki aki, komponen mobil yang mengandung listrik seperti AC, klakson, lampu tidak bisa nyala. bahkan jika tidak ada aki, mobil tidak bisa hidup karena tidak bisa di starter. tanpa ada aki, mobil tidak mampu beroperasi dengan baik, maka dari itu aki adalah komponen yang penting bagi mobil. bicara soal aki, aki dibagi menjadi dua, yaitu aki kering dan aki basah. apa perbedaan dan keunggulan masing-masing aki? mari kita ulas dengan seksama.

1. Aki Basah

aki basah atau bisa di sebut dengan aki konvesional merupakan jenis aki yang sering di gunakan untuk mobil. aki basah memiliki sifat lebih cepat menguap karena menggunakan elektroda berbentuk cairan. karena ada cairan di dalam aki ini, amak ketika memasangnya didalam mobil harus dalam posisi tegak lurus. jika tidak, nanti cairan yang terdapat di dalam aki tumpah dan lama-kelamaan mengakibatkan komponen di sekitar aki karatan. salah satu kelebihan dari aki basah adalah mampu bertahan dalam waktu jaka panjang. namun, perawatan yang dilakukan harus rutin dan sering-sering untuk di kontrol. minimal tiga bulan sekali. aki basah jika tidak dikontol dala tiga bulan minimal jangka waktu bisa rusak. terlebih jika pemakaian kendaraan sangat rutin atau hampir setiap hari. kelebihnnya memang pemakain bisa lebih lama, namun syaratnya adalah perawatan yang rutin.

2. Aki Kering

sama halnya dengan aki basah, aki kering juga befungsi sebagai prnyimpan sekaligus penyalur energi listrik ke seluruh komponen mesin mobil. namun, perbedaanya adalah terletak pada bentuk. aki kering menggunakan gel sehingga tidak memerlukan penambahan layaknya aki basah yang selalu ditambah air. penggunaan aki ini pun lebih praktis dan lebih mudah dalam perawatan. sebagaimana semua barang punya kelemahan. aki kering pun demikian. walaupun aki kering praktis dan mudah secara perawatan, namun waktu penggunaan nya pun rentan lebih sedikit dibanding aki basah dan lebih mudah untuk rusak.

Adapun persamaan aki kering dan aki basah dalam hal perawatan yaitu mesti rutin difungsikan. Maksudnya, kendaraan harus dinyalakan, tidak boleh diparkir terlalu lama karena akan membuat zat elektroda membeku. adapun tips cara merawatnya adalah membersihkan secara berkala. bagian yang perlu mendapatkan perhatian adalah bagian terminal aki, yang biasanya tertutup debu dan kotoran. terlepas lebih baik aki kering atau aki basah itu ada pada pilihan anda. semoga tips yang diberikan bermanfaat bagi kita semua.

Demikian Artikel kali ini, Lebih Baik Aki Kering atau Aki Basah?  semoga anda bisa memilih dengan sesuai yang apa kalian suka. semoga bermanfaat bagi kita semua.

Jangan Lupa Baca Artikel Di bawah ini yah .. Banyak Tentang Seputar Otomotif Lain nya