Langkah pemeriksaan dan perbaikan yang dilakukan harus berdasarkan kepada dua gejala tersebut agar proses perbaikan masalah mobil tersebut dapat berlangsung efektif. Jadi agar mesin dapat distarter dan hidup dengan mudah diperlukan kecepatan putar starting yang cukup dan tiga syarat agar mesin dapat hidup dalam kondisi baik. Berikut ini analisa penyebab mesin mobil susah starting (menghidupkan mesin)

Pernahkah Anda mengalami gangguan ketika akan menstater kendaraan? Keluhan tentang mobil yang sulit dihidupkan biasanya dibedakan menjadi dua gejala yaitu:

  • Mesin tidak kuat starter
  • Mesin bisa distarter tapi mesin tetap tidak mau hidup.

Langkah-langkah pemeriksaan mesin tidak dapat hidup

1. Periksa kecepatan putaran mesin saat distarter

Seperti disebutkan diatas, supaya mesin dapat hidup maka dibutuhkan putaran mesin yang cukup pada saat dynamo starting, periksa apakah mesin dapat berputar kencang, mesin berputar namun lemah atau malah tidak dapat berputar sama sekali.

Namun jika hasil pemeriksaan menunjukkan putaran mesin yang pelan saat starting, maka fokuskan dulu melakukan pemeriksaan sistem starting, karena sebagus apapun kondisi mesin mobil namun jika putaran starternya lemah maka mobil tidak akan dapat hidup.

2. Pemeriksaan kecepatan putaran starting mesin

“Pemeriksaan kecepatan putaran mesin biasanya dilakukan berdasarkan pengalaman atau feeling saja, namun jika merasa ragu dapat dengan membandingkan kecepatan starting dengan mobil lain yang sejenis. Kecepatan putaran starting minimal mesin agar dapat hidup biasanya berkisar antara 60 sampai 120 Rpm untuk mesin bensin dan 80 sampai 120 Rpm untuk mesin diesel,” papar Henry Hutabarat, salah satu technical trainer konsultan otomotif di Indonesia.

3. Periksa kondisi Aki mobil

Jika aki dalam kondisi soak atau rusak maka akan mempengaruhi kecepatan putaran starting mesin, oleh karena itu pastikan kondisi aki dalam kondisi baik, gantilah jika perlu. Namun harus diperhatikan kadang-kadang aki soak tersebut bisa diakibatkan karena terlalu banyak starting saat mesin tidak dapat hidup, jangan terjebak dalam lingkaran setan saat melakukan trouble shooting ini. Jika kondisi aki sudah dipastikan bagus namun kecepatan putaran starting mesin masih lemah juga lanjutkan pemeriksaan sistem starting dan tahanan putar mesin.