Jika kita membahas dunia otomotif, seakan-akan tidak pernah ada habisnya. Seiring kemajuan zaman, berbagai macam gaya modifikasi mobil pun mengalami perkembangan. Pernahkah anda menonton acara televisi Pimp My Ride, Trick My Truck, Overhaulin, dan sebagainya? Ya, dalam acara tersebut kita diperlihatkan seputar modifikasi mobil mulai dari tipe-tipe mobil yang akan dimodifikasi, teknik-teknik dalam merancang modifikasi, Alat dan bahan modifikasi, bagian yang akan dirombak (baik eksterior, interior, maupun bagian mesin), bahkan sampai menampilkan ajang kontes modifikasi, wow!

Jika bicara soal merombak mobil, ternyata ada style nya masing-masing lho! Kira-kira, gaya modifikasi macam apa saja yang sedang ngetrend saat ini? Berikut akan kami ulas satu per satu.

JDM (Japanese Domestic Market)

Modifikasi Mobil JDM

Style modif yang satu ini merupakan salah satu style yang sangat digandrungi kaula muda pecinta otomotif. Ciri khas gaya modifikasi JDM adalah warna dasar yang tidak begitu ramai dan biasanya pada bagian kap mobil diganti warna hitam, bumper yang dimodifikasi dan tidak lupa juga penambahan stiker atau Vinyl yang unik. Terdapat 2 macam perbedaan pada style ini, yaitu pure JDM dan JDM style. Pure JDM merupakan modifikasi yang murni menggunakan segala macam spare part dari jepang asli. Sedangkan JDM style hanya mengikuti gaya modifikasi berbau jepang tanpa menggunakan spare part yang diproduksi di jepang.

Street Racing Style

Modifikasi Mobil Street Racing

Style ini hampir mirip dengan JDM, namun fokus utama dari konsep modifikasi ini adalah untuk membuat mobil terlihat seperti dirancang untuk tampil di lintasan balap. Gaya modif dari Street Racing memiliki ciri khas eksterior dengan body kit yang menyerupai mobil balap seperti bumper dan spoiler yang aerodinamis, penambahan stiker-stiker merek spare part otomotif, serta velg dan piringan rem dengan model racing. Karena berfokus pada performa di lintasan balap, hal yang paling utama adalah bagian mesin yang di upgrade seperti penambahan turbo atau supercharger, sitem Nitro (N2O) yang menambah percepatan mesin, modifikasi tangki, dll.
Dan tidak lupa, untuk bagian interior biasanya pemasangan jok racing, stir racing dan indicator-indikator tambahan juga merupakan elemen wajib. Selain itu, bagian-bagian interior yang tidak perlu seperti sound system, juga ada yang dilepas agar mengurangi beban di saat melaju di lintasan balap.

DUB

Modifikasi Mobil DUB

Nah, untuk style ini, fokus utama dari modifikasinya adalah kesan elegan dan mewah yang muncul. Ciri khas dari style ini adalah velg kinclong dan lebar berukuran 20 sampai 24 inci. Selain itu, kesan mewah muncul dari penggunaan cat metalik yang premium seperti warna hitam dan putih, karena keduanya identik dengan kesan elegan. Untuk bagian interior, style ini biasanya berfokus pada penggunaan jok kulit yang menambah kesan VIP serta kualitas sound system yang tidak main main. Wow, sungguh elit!

Retro

Modifikasi Mobil Retro

Untuk penggila ornamen vintage, sepertinya style modifikasi ini merupakan pilihan yang cocok bagi mereka. Konsep utama gaya modifikasi retro adalah mengembalikan bentuk asli dari mobil yang dimodifikasi. Kedengarannya memang simple, tapi tunggu dulu, Mobil yang dimodifikasi dengan style ini bukan mobil sembarangan lho! Pasalnya, mobil yang akan didandani bukanlah mobil keluaran saat ini, melainkan mobil-mobil jadul tahun 1950-an seperti misalnya Toyota DX, VW tipe Beetle, Datsun dan sebagainya. Biaya yang dikeluarkannya pun tidak main main. Masalahnya adalah tingkat kesulitan untuk mendapat spare part orisinil dari mobil-mobil tersebut yang lumayan langka dan bernilai jual tinggi.

Sleeper

Modifikasi Mobil Sleeper

Yang terakhir adalah style Sleeper. Dari kelima style modifikasi yang kita bahas, style inilah yang paling mengerikan! Mengapa demikian? Karena konsep utama modifikasi sleeper adalah meng-upgrade mesin ketimbang merombak eksterior maupun interior. Pepatah mengatakan “jangan menilai buku dari sampulnya.”. Dan sepertinya kalimat itu sangat berlaku disini. Pasalnya, tampilan eksterior ataupun interior sengaja dibiarkan seperti standar pabrik, dan sektor yang benar-benar dimodifikasi adalah bagian mesin yang diganti dengan mesin mobil balap, wow! Wajar saja kalau style modifikasi ini terbilang ‘mengerikan’.

Jadi itulah kelima style modifikasi yang umumnya sedang ngetrend saat ini. Kira-kira, style mana yang jadi favoritmu?