Siapa yang tidak ingin keselamatan? Semua manusia pasti ingin selamat dari marabahaya yang mengancam mereka dan itu bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Maka kita perlu hati hati dalam melakukan segala sesuatu agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan oleh kita termasuk dalam mengendarai kendaraan seperti mobil contohnya, mengendarai mobil di jalan raya itu sangat berbahaya jika kita tidak hati hati. Namun dengan hati hati saja masih belum cukup untuk menghindari kecelakaan, harus ada alat bantuan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Oleh karena itu untuk menangani hal hal seperti diatas perusahaan otomotif dalam merancang sebuah mobil menciptakan teknologi airbag. Airbag adalah system pyrotechnic untuk mengembangkan balon pengaman, teknologi ini memakai pelatuk kecil untuk membakar sodium azide yang kemudian menghasilkan gas nitrogen. Dalam pengembangan balon ini Cuma membutuhkan kurang dari satu detik untuk menjadi besar, disaat pengembangan balon udara ini juga akan disertai serbuk putih yang berfungsi sebagai pelumas agar tidak macet.

Teknologi ini juga memakai slinder kompresi gas yang mana jika ada benturan yang keras memaksa slinder untuk terbuka sehingga gas mengalir ke dalam airbag. Teknologi ini berfungsi untuk mencegah benturan pada sang pengendara agar tidak terbentur langsung ke dashboard. Ketika terjadi benturan airbag  pada umumnya akan mengenbang area stir mobil, dashboard, pintu mobil, tetapi tidak mengembang secara langsung sehingga menghantam sang pengendara mobil namun secara bertahap. Rata rata semua mobil dizaman sekarang sudah memakai teknologi airbag ini.

Itulah teknologi airbag yang dapat saya jelasakan, semoga bermafaat bagi kita semua, terimakasih.