Turbocharger

Peranti ini tak ubahnya seperti pompa  yang menambah tenaga piston mesin  dengan memberi tekanan udara  lebih besar ke dalam setiap silinder. Sehingga proses pembakaran bahan bakar di ruang bakar mesin berlangsung cepat dan sempurna.

supercharger

Mekanisme kerja suoercharger mirip dengan turbocharger. Hanya, kelebihan supercharger adalah tersedianya tenaga seketika atau instan pada putaran mesin rendah.Walhasil, kesenjangan atau jeda  waktu antara tekanan pedal gas yang mendorong udara ke silinder seperti pada turbocharger tidak akan terjadi. Peranti itu langsung menghasilkan tekanan udara  saat mesin dihidupkan.

Intercooler

Satu hal yang patut dicatat, kerja turbocharger maupun supercharger akan jauh lebih sempurna manakala udara yang dipasok melalui air intake ke ruang bakar juga mengandung banyak oksigen.

Pada sisi lain, berkat dorongan turbocharger maupun supercharger  kerja piston yang mendorong udara  begitu cepat, sehingga udara segar yang  disemburkan ke ruang bakar tak jarang minim oksigen.  Lantaran itulah, perlu penyegaran udara.Proses penyegaran itu bisa dilakukan manakala pemasangan turbo atau supercharger juga dilengkapi intercooler. Peranti ini banyak di jual di toko onderdil.  Secara teori penggunaan peranti itu mampu memberikan tambahan tenaga ke mesin 10 – 15 persen.

Pilih knalpot sesuai dengan mesin

Cara yang paling murah dan mudah untuk meningkatkan tenaga mesin adalah dengan modifikasi di saluran buang. Prinsip kerja dari  bagian mobil yang dimodifikasi itu adalah mengelola secara tepat gas sisa pembakaran.

Knalpot yang baik adalah knalpot yang dapat memberikan tekanan balik  yang tepat sehingga menghasilkan tenaga yang optimal.  Disinilah perlunya memilih knalpot yang baik dengan memperhatikan  header (kepala knalpot yang langsung berhubungan dengan lubang blok mesin), resonator, dan muffler belakang