Pada setiap kendaraan ban merupakan bagian yang sangat penting, karena jika tidak ada ban maka kendaraan tersebut tidak bisa jalan ataupun beroperasi seperti layaknya kendaraan pada umumnya. Ban sendiri memiliki 2 jenis yaitu ban tubles dan ban biasa. Lalu apakah perbedaan kedua ban tersebut serta apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak berikut ini.

Ban tubles dan ban biasa pada umumnya adalah sama sama terbuat dari karet, namun pada kedua jenis ban ini berbeda, berikut perbedaan serta kelebihan dari kedua ban tersebut.

  1. Bahan ban yang digunakan

Perbedaan yang signifikan terlihat dari bahan ban yang digunakan. Memang pada umumnya kedua ban tersebut sama sama terbuat dari bahan karet namun jika ban biasa lapisannya lebih banyak yakni tire, tube, flap, wheel, dan side/ lock ring. Sedangkan pada lapisan ban tubles hanya ada tire dan wheel saja.

Sedangkan untuk penggunaannya ban tubles terlihat lebih agresif jika dibandingkan dengan ban biasa, struktur pada ban ini lebih kokoh sehingga ban ini cocok untuk anda yang ingin melakukan perjalanan jauh walaupun jalannya banyak yang rusak.

  1. Ketahanan Ban

Seperti yang sudah dijelaskan diatas sedikit bahwa pada ban tubles lebihy kokoh jika dibandingkan dengan ban biasa, dikarenakan untuk ban tubles pada lapisannya lebih padat dari ban biasa sehingga sangat jarang sekali terjadinya kebocoran pada ban karena pada ban ini sudah dilapisi sealant yang bisa menahan agar udara tidak bocor.

  1. Harga Ban

Karena mungkin ban tubles lebih baik dan praktis dari pada ban biasa makanya harga ban tubles lebih mahal dari pada ban biasa karena memang ban ini sangat berguna bagi anda yang ingin melakukan perjalanan yang sangat jauh serta dengan berbagai medan jalan yang tidak stabil, ban ini mampu menempuh perjalanan lebih dari 180 km dengan sebelumnya sudah tertancap paku tetapi setelah itu ban akan kehabisan angin.

Mungkin hanya sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat menanmab pengetahuan anda, terimakasih.