Membersihkan Mesin Mobil

Pastinya mencuci mesin mobil berbeda dengan bagian bodi mobil, bahkan pembersih yang digunakan juga berbeda. Jenis pembersih yang digunakan untuk mencuci mesin ada dua yaitu:

  • Engine Clean, yaitu jenis pembersih mesin mobil yang digunakan pada kotoran-kotoran yang cukup melekat pada mesin mobil
  • Engine Dressing, yaitu jenis pembersih yang digunakan untuk mengembalikan warna komponen mesin mobil

Selain pembersih diatas, beberapa pembersih lainnya yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk membersihkan mesin mobil antara lain adalah.

  1. Minyak tanah/ engine degreaser

Beberapa orang sebenarnya lebih banyak menggunakan solar untuk bahan pembersih mesin mobil, namun karena sifat solar yang mudah terbakar sehingga lebih baik bila menggunakan  minyak tanah. Minyak tanah juga memiliki harga yang lebih ekonomis dan daya membersihkannya lebih baik. Untuk engine degreaser, biasanya pembersih ini djual dalam bentuk kaleng-kaleng aerosol.  Untuk harga lebih mahal bila dibandingkan dengan minyak tanah.

  1. Belt Dresser

Pembersih ini berupa cairan khusu yang dapat digunakan pada semua jenis rubber belt seperti belt water pump, AC, alternator, dan lain-lainnya. Pembersih ini biasanya dijual dalam bentuk kaleng aerosol.

  1. Sabun Colek

Sabun colek digunakan sebagai pembersih mesin mobil karena kekuatannya yang dapat membersihkan noda-noda yang melekat sekalipun.

  1. Cairan Silikon

Pembersih ini digunakan untuk menjaga kelenturan komponen yang berbahan karet atau PU, semisal pada karet damper, karep kap mesin dan lain-lain.

  1. Grease

Kebanyakan orang menyebutkan dengan nama gemuk. Pembersih ini merupakan pelumas yang berbentuk seperti pasta.

Setelah selesai, bersihkan bagian mesin yang mudah lebih dulu, seperti bagian bawah kap mobil. Semprot dengan air, tapi jangan menggunakan semprotan yang bertekanan tinggi. Anda cukup menggunakan sabun colek/ krim untuk membersihkan bagian bawah kap mesin mobil. Sabun  colek dapat melarutkan kotoran yang melekat serta bercampur dengan oli mesin. Gosok menggunakan sikat yang agak kasar. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih. Yang perlu diperhatikan adalah, pada saat mencuci jangan sampai sabun mengering sehingga dapat meninggalkan bekas pada mesin. Keringkan dengan menggunakan kain sehingga tidak ada air yang menetes ke mesin mobil. Dacoba kamu lihat hasil nya pasti akan beda dengan yang sebelumnya.