Salah satu cara untuk membuat mobil terlihat bersih dan segarvadalah dengan mencucinya. Cara ini merupakan cara termudah sekaligus ampuh dalam merawat bodi mobil.

Namun meskipun demikian, banyak hal yang harus diperhatikan saat kita hendak mencuci mobil. Niatnya agar mobil jadi kinclong, malah jadi berjamur atau bahkan korosi.

Jika anda ingin memandikan mobil, maka sebaiknya perhatikan jenis shampo atau sabun apa yang digunakan. Jika mobil jarang dipakai namun tetap timbul jamur, kemungkinan shampo yang digunakan memiliki tingkat keasaman (pH) yang tinggi.

Dianjurkan untuk menggunakan shampo yang memiliki nilai pH tidak lebih dari 12. Tapi idealnya shampo mobil yang bagus biasanya memiliki kadar nilai pH 7, yang artinya dengan jumlah nilai pH tersebut, kadar keasaman shampo itu stabil (tidak asam dan tidak juga basa).Sebenarnya jika anda mencuci mobil hanya dengan air, itu tidak jadi masalah. Namun tidak untuk jangka panjang. Pasalnya, jika anda menggunakan mobil setiap harinya, polusi udara di jalan raya mengandung minyak dan bisa menyebabkan mobil jadi kusam. Karena itu, cukup sulit untuk dicuci jika hanya dengan air saja.

Jika anda ingin mobil anda tetap terlihat bersih dan segar, tipsnya adalah anda cukup membilas mobil 2 hari sekali. Tanpa shampo atau sabun. Jika anda ingin menggunakan shampo, sebaiknya dilakukan seminggu sekali.

Jadi, seperti itulah beberapa tips untuk mencegah korosi di mobil. Semoga membantu!