Ternyata Ini Bedanya Isi Ban dengan Angin dan Nitrogen!

0
410

Pernahkah anda merasa bahwa mengisi tekanan ban dengan nitrogen itu lebih baik daripada memompa dengan Angin biasa? Padahal kenyataannya, ketika kita mengisi ban dengan angin biasa, itu sudah mengandung nitrogen. Bedanya, jika kita mengisi ban dengan nitrogen, kadar konsentrasi nitrogennya hampir di atas 99 persen, hampir mendekati murni.

Menurut ilmu sains, komposisi udara yang kita hirup adalah berupa 78% nitrogen, 21% oksigen dan sisanya berupa gas-gas lain. Kelebihannya, jika kita mengisi ban dengan nitrogen, jumlah molekul yang terkandung lebih besar daripada angin biasa, sehingga membuat ban tidak cepat kempes dan berkendara terasa lebih nyaman.

Selain itu, menurut penjelasan secara ilmiah, kandungan nitrogen dan jumlah molekul yang besar dapat mengurangi gaya gesek di dalam ban serta menjaga elastisitas ban sehingga kelenturan karet ban tetap terjaga. Oleh karena itu, jika mengisi ban dengan menggunakan nitrogen, maka bantingan ban akan terasa lebih empuk.

Lalu, apa yang akan terjadi jika kandungan nitrogen dan angin biasa tercampur di dalam ban? Sebenarnya, tidak masalah jika keduanya dicampur. Hanya saja, fungsi dari gas nitrogen akan berkurang. Jadi, aman-aman saja jika kedua kandungan tersebut dicampur.