Tips Agar Aki Mobil Tetap Awet

0
369

Salah satu komponen mobil yang penting dan harus diperhatikan adalah aki. Aki merupakan sejenis baterai yang berfungsi sebagai penyuplai energi listrik untuk rangkaian elektronik yang terdapat di dalam mobil seperti starter, lampu, sound system dll.

Seiring dengan berjalannya usia mobil anda, maka semakin menurun juga kualitas aki yang anda gunakan. Apabila anda ceroboh dalam merawat aki mobil maka hal tersebut dapat mengakibatkan aki menjadi tekor dan bahkan soak.

Oleh karena itu jika anda tidak ingin keluar uang lebih untuk membeli aki baru, berikut kami berikan beberapa tips untuk menjaga aki mobil supaya tetap awet dan tidak cepat tekor atau soak.

PERHATIKAN KONDISI AKI SECARA BERKALA

Sangat penting bagi anda melakukan pengecekan kondisi aki secara rutin. Ini bertujuan untuk dapat mengetahui kondisi aki mobil secara tepat. Gunakan alat Battery Load Tester untuk mengetahui besaran daya yang masih dimiliki aki tersebut.

Untuk pengguna aki basah, ada baiknya anda mengecek cairan elektrolit yang terdapat dalam aki. Segeralah lakukan pengisian ulang Jika cairan sudah berada di bawah batas normal.

LAKUKAN PENGECEKAN PADA TERMINAL AKI

Masalah yang sering dijumpai pada terminal aki antara lain adalah timbulnya jamur, karat, dan terminal yang kendor. Tidak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut sangat mempengaruhi usia aki yang anda gunakan.

Oleh karena itu, bersihkan terminal aki dengan air panas untuk menghilangkan jamur yang menempel, dan jangan lupa menggosoknya dengan sikat gigi secara perlahan. Dan jangan lupa Kencangkan terminal yang kendor. Namun apabila anda mengalami kesulitan saat melakukan pengencangan, sebaiknya anda menggantinya dengan yang baru.

PANASKAN MESIN MOBIL SECARA RUTIN

Ternyata jika kita memanaskan mesin, itu akan bermanfaat untuk kelangsungan hidup aki mobil. Meskipun anda tidak sedang ingin mengendarai mobil, alangkah baiknya jika anda memanskan mesin mobil setidaknya 5 sampai 10 menit setiap harinya.

Jika anda malas untuk melakukannya, justru akan menyebabkan aki menjadi tekor dan soak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan hal tersebut di waktu senggang.

CABUT KABEL AKI SAAT MOBIL TIDAK DIPAKAI

Apabila anda jarang menggunakan mobil anda, atau  jika anda hanya menggunakan mobil saat perjalanan jauh, ada baiknya jika anda mencabut kabel aki saat mobil sedang tidak digunakan. Pasalnya, jika aki tetap dalam posisi terhubung dengan terminalnya, maka hal tersebut dapat menyebabkan aliran listrik secara terus menerus. Akibatnya, aki menjadi tekor atau soak.

PILIH AKI KERING DENGAN KUALITAS TERBAIK

Dengan memilih aki berkualitas terbaik, maka kenyamanan dan keamanan mengemudi pun akan selalu terjaga. Jika anda salah pilih aki, atau anda malah memilih untuk membeli aki abal-abal, kemungkinan terburuknya adalah dapat merusak komponen-komponen elektronik yang terdapat pada mobil anda. Hal ini dikarenakan terganggunya suplai energy listrik yang terganggu sebab kualitas aki yang tidak terjamin.

Itulah beberapa tips dalam menjaga aki supaya tetap awet, semoga bermanfaat.