Ban merupakan komponen penting yang harus selalu diperhatikan. Apapun jenis mobil anda entah itu mobil City Car, SUV, MPV, atau mobil Hatchback. Pada dasarnya ban merupakan alat penting yang dapat menjamin keselamatan anda dalam berkendara. Jika ban mobil anda bermasalah maka dikhawatirkan akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika berkendara. Maka dari itu, ban mobil harus tetap dicek kondisinya dan pastikan ban mobil anda dalam keadaan baik dan aman.
Walaupun demikian, anda sebagai pengguna atau pengendara mobil harus tahu bagaimana sih cara mengetahui kondisi ban mobil apakah masih bisa digunakan atau harus segera diganti? Bacalah artikel berikut ini!
1. Ada retakan dibagian samping ban
Kalau ada gejala seperti retakan pada bagian samping ban, kondisi tersebut menunjukan bahwa karet ban sudah mulai getas dan hal ini sangat berbahaya sehingga akan memungkinkan terjadinya ledakan pada ban. Perlu diperhatikan tidak semua ciri yang menunjukan ban harus diganti itu ada pada area permukaan ban yang menyentuh aspal saja. Akan tetapi pada area bagian samping ban juga seperti terjadinya retakan tadi. Oleh sebab itu, anda harus segera mengganti ban mobil saat anda menemui retakan diarea samping ban.
2. Ban sudah mulai botak
Pertanda lain yang wajib anda perhatikan adalah ban yang sudah mulai botak. Jika anda menemukan ban kendaraan sudah mulai tipis dibagian tengah dan juga samping, maka sebaiknya hal yang harus anda lakukan adalah segera mengganti ban tersebut. Karena ban yang gundul akan membahayakan anda karena mudah bocor dan pecah saat anda melalui jalan yang berkerikil.
3. Adanya benjolan pada permukaan ban
Penyebab dari ban menjadi benjol bermacam-macam, diantaranya yaitu ketidaktelitian saat proses produksi, pengisian angin dengan tekanan berlebihan, dan bisa juga dikarenakan ban deformasi bentuk yang disebabkan karena kurang tekanan serta beban yang berlebihan. Selain itu bisa juga disebabkan terkena batu atau paku. Benjolan pada ban merupakan salahsatu pertanda bahwa ban harus segera diganti. Jika kondisi semacam ini dibiarkan terlalu lama, maka benjolan ban ini bisa membuat ban lebih mudah bocor atau bahkan meledak.
4. Ban sudah lebih dari tiga tahun
Ban mobil terbuat dari bahan karet yang elastis. Kelenturan karet ban akan terus berubah seiring waktu, makin lama karet akan makin berkurang elastisitasnya, hingga akhirnya menjadi getas karena kehilangan kelenturan. Meski sejauh ini belum ada kepastian mengenai umur ban, namun sebaiknya Anda mengganti ban setiap tiga tahun sekali. Sebab kalua anda tidak mengganti ban setiap tiga tahun sekali dikhawatirkan ban akan pecah ketika digunakan nantinya Namun, patut dilihat lagi, jika Anda jarang menggunakan mobil, mungkin ban yang lebih dari tiga tahun pun tidak apa-apa.
Itu dia beberapa ciri-ciri bahwa ban Anda harus segera diganti. Semoga bermanfaat!