Anda berniat untuk membeli mobil baru? Apakah Anda sudah menentukan mobil jenis apa yang akan anda beli dan menjadi pilihan terbaik untuk Anda? Beberapa jenis mobil yang mungkin tidak asing di telinga masyarakat adalah SUV dan MPV. Kedua jenis mobil ini memang sering dipilih kebanyakan orang sebagai pilihan mobil yang digunakan? Maka dari itu, Kali ini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai perbedaan mobil SUV dan MPV. agar Anda tidak salah pilih ketika ingin membeli sebuah kendaraan mobil yang sesuai dengan kebutuhan mobilisasi Anda.

1. Kapasitas Penumpang

Perbedaan mobil SUV dan MPV sudah pasti terlihat ketika berada di jalanan. Perbedaan yang paling mencolok antara mobil SUV dan MPV terlihat dari kapasitas penumpangnya. Pada umumnya mobil MPV bisa mengangkut lebih banyak orang dibandingkan dengan mobil SUV. Mobil MPV diperuntukkan untuk keluarga. Sehingga tak heran jika memiliki kabin mobil yang cukup luas sehingga mampu menampung hingga 8 orang penumpang didalamnya. Mobil MPV biasanya memiliki 7 kursi berbeda dengan mobil SUV yang memiliki 5 kursi. Tapi hingga sekarang ini sudah mulai bermunculan mobil SUV dengan 7 kursi.

2. Bodi Mobil

Salah satu ciri SUV adalah memiliki tubuh besar, tinggi, dan bobot yang berat. Oleh karena itu ketika anda ingin mengemudikan SUV perlu memperhatikan beberapa hal. Sesuai dengan tujuannya, mobil SUV memang diperuntukkan untuk melewati medan yang sulit dilalui. Utamanya adalah menghindari pergerakan mendadak seperti pindah jalur atau menikung, apalagi anda melakukan manuver ini dengan kecepatan tinggi. SUV merupakan gabungan Jeep, pikap dan sedan. Desainnya memiliki ground clearance (jarak bodi mobil ke tanah) yang tinggi, fitur yang lengkap, suspensi yang kokoh namun lembut, eksterior-interior yang terlihat tangguh dan elegan, ukuran ban dan bodinya pun besar, serta memiliki mesin yang bertenaga besar untuk memudahkan mobil ini melewati segala medan. Sedangkan MPV didesain untuk mengangkut penumpang dan barang, jenis mobil ini memiliki desain yang lebih lebar dan tinggi, sehingga kabin mobil jauh lebih luas. Tak heran mobil jenis MPV pasti menyediakan 3 baris bangku.

3. Konsumsi bahan bakar

Sesuai namanya, SUV (Sport Utility Vehicle), jenis ini lebih ke arah sebagai kendaraan serbaguna. Mobil SUV dibekali dengan mesin berkapasitas besar, sehinggan konsumsi bahan bakar mobil ini lebih boros jika dibandingkan dengan mobil-mobil jenis lainnya. Berbeda dengan Mobil MPV yang sering disebut sebagai mobil keluarga. Jika dibandingkan dengan jenis mobil SUV, jelas mobil jenis MPV lebih irit bahan bakar.

4. Harga Mobil

Untuk harga mobil SUV maupun MPV sebenarnya masing-masing dari kedua jenis mobil tersebut memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan kategori-kategori mobil tersebut. Tetapi kebanyakan yang ada dipasaran harga mobil, harga mobil MPV jauh lebih murah dibandingkan dengan harga mobil SUV. Hal ini tidak mengherankan karena mobil SUV memang dilengkapi dengan fitur-fitur kelas premium. Bahkan harga mobil low SUV sendiri sama dengan MPV pada kelas terbaik.

Nah, itu tadi beberapa perbedaan mobil SUV dan MPV, mudah-mudahan informasi diatas bisa bermanfaat, khususnya bagi anda yang mungkin merasa kebingungan antara harus memilih mobil SUV atau MPV. Sebenarnya setiap jenis mobil memiliki karakteristiknya masing-masing. Tinggal anda sendirilah yang harus menyesuaikan dengan kebutuhan berkendara yang anda inginkan.