Kunci Mobil Immobilizer
source: google images

hampir semua mobil keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi denga fitur-fitur canggih. salah satu fitur canggih tersebut adalah kunci Mobil Immobilizer. cara kerja dari kunci immobilizer sederhana saja, di dalam tiap anak kunci, pabrikan mobil benamkan perangkat elektronik yang memancarkan sinyal kode. lantas di dalam mobil juga terdapat antena penerima sinyal yang mencocokan kode dari kunci dengan ada di mobil. bila kodenya cocok maka mobil akan menyala dengan mudah, namun bila kodenya berbeda, maka ECU akan mengucurkan bahan bakar ke dalam mesin tidak bisa dihidupkan sama sekali.

sekilas sistem kerja kunci berteknologi canggih hampir mirip dengan kunci mobil dengan menggunakan alarm konvesional. akan tetapi yang membedakan adalah, pada immobilizer ditanamkan sebuah enskripsi, yang berarti terdapat sinyal atau frekuensi yang mampu dikirm, diterima, dan diacak yang hanya bisa diterjemahkan oleh alat yang telah ditentukan sebagai pasangannya.

kunci immobilizer tentu aman, karena mobil hanya bisa dihidupkan menggunakan kunci yang sudah terdaftar di ECU mobil. jadi, mobil tidak akan bisa hidup jika tidak menggunakan kunci mobil yang telah dipsaang kode ECU pada mobil. hal ini juga menegaskan tidak akan mudah maling untuk mencuri mobil jika tanpa kunci sekalipun pintu mobil telah dibobol.

namun setiap barang pasti punya kelemahan. salah satu kelemahanyha adalah jika kunci mobil hilang, maka untuk membeli gantinya cukup mahal. komponen yang terdapat pada kunci ini sangat mahal daripada kunci biasanya. karena hal itu yang membuat kunci ini lebih mahal dari kunci biasa lainnya.

bukan hanya sekedar harganya yang mahal, namun jika kunci mobil sampai hilang anda tidak bisa menduplikatnya sembarangan, karena kunci telah tersambung dengan ECU mobil.

mencegah agar unci mobil tidak sampai hilang adalah tetap menjaga kunci immobilizer tidak jatuh ke tangan orang lain. jika sampai tercecer ke tangan orang lain, bisa jadi mobil anda bisa disalah pergunakan sehingga membuat kehilangan kendaraan anda.

Baca Juga