Rem merupakan salah satu bagian dalam kendaraan yang sangat vital, karena fungsinya yang sangat penting yaitu untuk menghentikan kendaraan yang sedang melaju secara paksa. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk melakukan perawatan yang khusus pada rem seperti minyak rem, kampas rem, tromol atau cakramnya karena jika tidak rem akan mengalami kerusakan dan akhirnya sudah tidak bisa berfungsi lagi dan akibat tidak mengganti kampas rem yang lebih parah lagi bisa menyebabkan kecelakaan.

Pastinya kita sangat mencegah hal hal yang demikian untuk terjadi pada diri kita maupun keluarga. Makanya rem perlu perawatan termasuk perawatan pada kampas rem, jika sudah tipis atau tak layak pakai maka alangkah baiknya anda segera menggantinya. Tetapi mungkin ada saja dari kita yang tidak menghiraukannya karena tidak mengerti sebagai pengguna awam atau mungkin sibuk dan lain sebagainya. Dampak tidak mengganti kaspas rem yang sudah tipis dan tak layak pakai dapat mempengaruhi kerusakan pada bagian yang lainnya.

Apabila kampas remnya habis dan tidak diganti maka akan menyebabkan gesekan antara besi dengan besi sehingga cakram akan menipis dan akhirnya bisa patah. Tentunya jika sudah terjadi demikian maka rem sudah tidak bisa digunakan seperti semestinya. Kampas rem yang sudah tipis, mau habis atau sudah habis biasanya ditandai dengan bunyi decitan jika kita menekan rem atau menggunakan rem. Tetapi hal tersebut belum tentu benar sepenuhnya ada saja bunyi decitan pada rem tidak berarti kampasnya sudah tipis atau sudah habis.

Semoga Bermanfaat artikel Akibat tidak mengganti kampas rem yang sudah tipis, Semoga selalu rutin untuk cek kampas rem anda sebelum berkendara.

Baca Juga