Pekembangan teknologipun semakin hari semakin meningkat, banyak perusahaan yang telah menciptakan teknologi terbarunya, termasuk salah satunya adalah perusahaan automotif mobil. banyak sekali perkembangan yang terjadi, salah satu contohnya adalah diciptakannya mobil matic yang tadinya tidak ada untuk lebih memudahkan pengemudi dalam mengemudikan mobil. Namun kedua jenis mobil ini memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Berikut adalah beberapa perbedaan mobil matic dan manual.

  1. Cara kerja mobil

Pada kedua jenis mobil tersebut berbeda cara mengoperasikannya, untuk bagian pengoperasian giginya perbedaan terlihat pada manual atau tidaknya. Jika mobil manual berarti pengoperasian giginya secara manual sedangkan jika pada mobil matic perpindahan giginya dengan alat gearbox. Perbedaan lainnya trdapat pada bagian bawah yakni bagian pedal. untuk mobil manual terdapat 3 pedal dibagian bawah, yakni pedal kopling yang diperuntukan untuk kaki kiri, pedal rem dan pedal gas yang diperuntukkan untuk kaki kanan. Sedangkan pada mobil matic hanya ada 2 pedal saja, yakni pedal gas yang diperuntukan untuk kaki kanan dan pedal rem yang diperuntukkan untuk kaki kiri.

  1. Sistem bahan bakar

Selain berbeda dari cara kerja mesin transmisi pada kedua mobil tersebut juga berbeda pada system bahan bakarnya. Untuk pemakaian bahan bakar pada mobil matic biasanya lebih boros dari pada pemakaian bahan bakar untuk mobil manual. Kenapa demikian? Karena pada mobil matic kinerja mesin akan lebih berat karena putaran pada mesin mobil matic tidak dapat diatur sehingga bahan bakar akan terserap lebih banyak. Namun ada beberapa cara untuk menghemat pemakaian bahan bakar pada mobil matic yakni melepas injakan pada pedal gas sesekali dan memanfaatkan laju mobilnya.

  1. Dari segi kenyamanan dan perawatan mobil

Untuk segi kenyamanan jelas lebih nyamanan mobil matic karena perpindahan transmisi yang lebih halus seperti yang dijelaskan sebelumnya.  Untuk perawatan sendiri mobil manual akan lebih menghemat biaya dibandingkan dengan mobil matic yang perawatannya akan lebih mahal karena harga suku cadang seperti sparepart, plat kopling atau lainnya yang bisa dibilang lebih mahal mobil matic. Selain karena itu untuk mobil matic setiap jarak tempuh sudah mencapai 50.000 km maka harus ganti komponen tertentu.

Itulah beberapa perbedaan antara mobil matic dan mobil manual, ya memang setiap mobil mempunyai kekurang dan kelebihan yang sudah anda lihat diatas. Mungkin hanya sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat menambah pengetahuaan anda, terimakasih.